Rabu, 27 Januari 2016

Macam-macam manusia

 Assalamualaikum wr wb.
hai sahabat media belajar yang baik hatinya pada moment kesempatan malam ini saya akan membagikan tentang macam-macam manusia... eiiittt bukan macam-macam manusia super seperti di gambar atau macam-macam manusi dari segi harta, tahta jabatan dalam dunia. 
solawat dulu yukkk ALLAHUMMASOLLI`ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA`ALIHI WASHOHBIHI AJMA`IN.

Al khalil bin ahmad berkata : “bahwa manusia ada 4 macam:
      Yang pertama yaitu:  Orang yang mengetahui dan tahu bahwa ia mengetahui, itulah orang alim maka ikutilah dia..... 
 t    tuh liat sahabat media belajar para pahlawan aja khusu` solatnya di belakang imam yang alim. Mengikuti orang alim sangat di anjurkan bagi kita karna di samping kita mendapatkan pahala melihatnya tersimpan rahmat ALLAH SWT di sana,,, jadi kalau ada majlis ilmu yang di bimbing oleh orang alim yang benar dan betul cepetan aja berbondong mendengarkan, memperhatikan apa yang ia sampaikan jangan sampai ketinggalan. duduk di majis zikir bersama orang alim dapat mendapatkan magfirah ALLAH swt, walaupun kita berada di majlis itu dalam keadaan ngorok atau tidur. hebatkan bahkan jaminan ALLAH ketika bersama orang-orang alim maka hati kita menjadi tentram karna rahmat ALLAH mengelilingi kita, sooo bagi yang galau dengan pacarnya, patah hati dari kekasihnya, putus asa dari pekerjaannya, coba datang aja di majlis ulama insyaALLAH hati menjadi tentram karna berkumpulnya kita dengan orang alim adalah OBAT HATI. 
      Next yang kedua yaitu: ada orang yang tahu dan tidak tahu bahwa ia mengetahui, itulah orang yang tidur maka bangunkanlah dia.
      orang yang berilmu tapi ia tidak mau mengamalkan ilmunya maka sadarkanlah dia, bangkitkan ia dengan menaruhkan kepercayaan di dalam hatinya. orang yang tidur di sini bisa kita kias menjadi orang yang yang menahan potensinya, menahan segala yang ada pada dirinya sehingga ia tidak berkembang menjadi manusia yang baik karna ia menahan diri. atau orang yang tidur disini tidur dari sebuah kebenaran agama, dia mengetahui ini dosa ini pahala, di tahu ini halal ini haram tapi ia selalu melakukan yang haram, maka yuk kita sadarkan dia, kita bangunkan mereka yang tertidur agar dia berada dalam jalan yang benar sesuai dengan fitrah manusia.
n    Next yang ketiga yaitu: Orang yang tidak tahu dan tahu bahwa dia tidak mengetahui, itulah orang yang memerlukan bimbingan, maka ajarilah dia. orang awam yang membutuhkan bantuan agar iman nya tidak tergoyahkan, agar akidahnya tidak di permainkan, agar imannya tidak di jual belikan dia membutuhkan sebuah bimbingan mereka yang harus di rangkul oleh orang-orang berilmu, penceramah, pendakwah ustaz, ustazah, orang awam ini butuh bimbingan. Dalam berbagai aliran dalam agama ini, di tengah kemelutnya perekonomian mereka butuh bimbingan agar mereka tetap di jalan yang benar. itu tugas siapa? ini tugas kita semua  membimbing mereka menuju keyakinan yang benar.
B    Next tipe manusia berikutnya yaitu: Orang yang tidak tahu dan tidak tahu bahwa ia tidak tahu, itulah orang yang bodoh maka waspadalah terhadapnya. inilah orang bodoh yang tidak menyadari kebodohannya, pengetahuannya terbatas dengan apa ia pikirkan saja dan menuruti kehendak hawa nafsunya. kita berwaspada terhadapnya karna sangat berbahaya tipe orang ini. sampai bisa merusak akidah, merubah hukum agama, sedikit- sedikit mengkafirkan orang, menyampaikan hadits semaunya tanpa ia tahu itu hadits doif ia jadikan menjadi dalil atau ia menafsirkan alqur`an semaunya saja inilah yang berbahaya , maka jauhilah ia sejauh jauhnya.
o    oleh karena itu untuk kita semua marilah menuntut ilmu agar menjadi bekal kita menjalani kehidupan dunia ini. dan marilah kita sadar kita termasuk dari golongan mana dari tipe-tpe yang sudah di sebutkan tadi. bila kita termasuk yang pertama mari kita membimbing ummat, bila kita termasuk yang kedua marilah kita sadar dan bangkit dari tidur kita, keteledoran kita. bila kita termasuk orang yang ke tiga marilah kita bergegas menuju majlis ilmu agar kita mendapatkan bimbingan. dan bila kita termasuk yang ke empat marilah kita bertaubat kepada ALLAH dan mencari jalan baru untuk menuntut ilmu. sesemoga kita termasuk hamba ALLAH yang beruntung yaitu orang yang beriman saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran aminnn..
 

0 komentar:

Posting Komentar